Monday, July 5, 2010

#5 Endapan

rembesan dari sesuatu. entah itu adalah cairan atau kotoran. kadang berupa ampas. atau sisa-sisa. seringkali dilupakan atau dibuang begitu saja. padahal sebenarnya endapan itu adalah bagian dari ketahanan. bergerilya membentuk satu pasukan yang baru, yang lebih kuat, lebih tegar, lebih bisa diandalkan.

buangan yang kemudian berarti. begitu aku menamakannya. bisa disebut juga dengan buangan yang kemudian akan dihormati. jangan kaget ketika nanti pada akhirnya endapan yang bertahan. jangan kaget ketika ampas yang tadinya dilupakan akan mendapat tempat terdepan.

mengendapkan mengajarkan kesabaran. tidak sembrono. menenggelamkan fakta-fakta konyol, memfilter realita, kemudian hasil akhirnya adalah pada apa yang tersisa.

lagi-lagi, itu adalah sisa yang terpilih.

ketika mengendapkan, pilihlah lapisan yang paling bawah. karena justru di sana terdapat kekuatan tidak kelihatan itu bicara. mengendapkan hadir dengan kata sabar yang menggugah setiap orang untuk banyak mendengarkan ke dalam. menarik sesuatu ke dalam. keluarkan ketika siap.

mengendapkan cinta seperti endapan kopi, biarkan pahitnya melebur ke lapisan yang paling bawah. suatu saat ketika kau menyicipnya, anggaplah itu suatu kenikmatan.

(2010)

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Kelas Public Speaking: (1) Seni untuk Menyihir Orang Lain - Senemu Cafe

Selamat datang di Senemu Coffee. Suasana sebelum kelas, setiap peserta bersiap untuk menikmati sarapan bersama. Saya d...