Tuesday, November 1, 2011

Yuk! Jaga Tulang.



Sebagai pecinta kopi, terkadang saya lupa akan susu. Lama-lama menjadi tidak terbiasa. Dan dengan aktivitas yang begitu banyak, terkadang saya lupa bahwa kalsium juga merupakan satu hal yang sangat penting. Sampai pada beberapa bulan ke belakang, saya sering merasakan sendi pada bagian lutut sebelah kiri saya sering sekali nyeri.

Tidak lama setelah itu ada workshop kesehatan yang dilakukan oleh seorang Personal Trainer terkenal, beliau juga terbiasa menangani event seperti pemilihan Putri Indonesia dan semacamnya. Beliau lalu menjelaskan panjang lebar tentang kalsium dalam tubuh, bahwa sangat penting—saya sebagai perempuan muda di usia produktif—dengan aktivitas yang begitu padat untuk menjaga kesehatan tulang.

Sejak saat itu—saya memutuskan untuk mengkonsumsi Anlene. Biasanya ketika malam sebelum tidur dan pagi hari ketika sarapan. Yang terjadi kemudian setelah hampir sebulan ini, saya menkonsumsi Anlene secara rutin, sendi pada lutut sebelah kiri saya tidak pernah ada keluhan lagi. (Ejie! Kesaksian abis dah gue)

No. Tapi serius. 

Tulang dalam kehidupan kita sangat penting. Ketika Anlene #ScanTheNation diadakan di Bandung pun (ini persis ketika gue ulang tahun dan Okke janji juga mau ngasih gue kado :D) janjianlah saya dan Okke Sepatumerah ke sebuah mall di tengah kota Bandung. Akhirnya kami sampai di sana dan mulai mencoba segala hal baru di sana. Di sana kita bisa men-cek apakah tulang kita rentan untuk terkena osteoporosis atau tidak. Dan ternyata saya masuk dalam golongan sangat rendah (sombong :D) setelah itu oleh mbak-mbak di sana (pada bagian calcimeter) kami juga dijelaskan mengenai bagaimana caranya menjaga tulang tetap sehat melalui makanan yang dikonsumsi setiap hari.  Beserta tips-tips yang diberikan : 

1. Penuhi kebutuhan kalsium harian dan nutrisi tulang penting lainnya. Asupan kalsium ideal/hari adalah 1000 - 1200 mg.
2. Hindari kebiasaan merokok, kurangi konsumsi kopi, minuman beralkohol/bir serta garam/makanan asin.
3. Lakukan olahraga menggunakan beban secara teratur minimal 3x/minggu, masing-masing 30 menit. Misal, berjalan kaki 10000 langkah per hari.
4. Lakukan pemeriksaan kesehatan tulang secara teratur per tahun.


Sampai di sini, jangan senang dulu. Walaupun tidak merokok, tapi saya masih punya kebiasaan buruk lainnya yang masih akan menjadi peer. Di booth Anlene, ada juga mini walkhaton yang dilakukan, walaupun rutenya hanya di dalam Mall, tapi lumayan seru. Mengingatkan saya bahwa jalan kaki itu tetap penting. Selain itu, bisa bawa pulang Anlene banyak dengan harga yang jauh lebih murah deh. (Rugi deh elo, kalo gak dateng :D)

Selain itu setelah mem-follow akun @anlene_id, saya juga semakin paham bagaimana mencintai tulang dari hashtag #LoveYourBones dengan cara mudah dan juga menyenangkan. Karena mungkin selama ini kita terkadang masa bodoh, tapi dengan tips-tips menarik (dengan tidak ribet tentunya) dari Anlene, sangat membantu supaya dapat lebih mencintai tulang lagi.

Satu hal lagi, dalam rangka menyambut Hari Osteoporosis Nasional/Dunia pada 20 Oktober 2011 (gue juga baru ngeh, ternyata ada hari osteoporosis :D) Anlene sebagai salah satu brand di pasaran yang konsisten terus mengingatkan bahaya osteoporosis, juga menyelenggarakan Anlene Movement #IndonesiaMelangkah yang setiap tahun ada dimulai dari 2007, mengajak masyarakat jalan 10 ribu langkah secara massal. Yang minggu kemarin diadakan di Taman Mini. Untuk konsultasi, bisa main-main ke www.tulangsendisehat.com, ada FB : Anlene Indonesia.

Satu lagi paling penting : sebelum cinta pacar, cinta tulang dulu dong. Dijamin cintanya bisa awet sampai tua :D

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Sebuah Catatan Tidak Kreatif Tentang Cara-Cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai

Cara-cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai, adalah sebuah buku yang sedang kamu tunggu. Ia lahir sebentar lagi, tepat di 16 A...