Sunday, November 24, 2013

Sedikit Cerita Tentang Gita Wirjawan







Jarang sekali menemukan seseorang dengan pribadi yang terbuka. Dan pintar bermain musik. Saya pernah melihatnya secara langsung di sebuah konser yang diadakan di Surabaya pada waktu itu. Ia memiliki senyum manis. Dan ketika itu sedang duduk di belakang piano besar. Ternyata ia bernyanyi malam itu. Dengan dentingan piano dan suara yang merdu.

Suasana pada malam itu sangat syahdu ketika seorang Gita Wirjawan akhirnya menghibur setiap orang yang hadir dengan suara dan dentingan pianonya. Saya pikir ia adalah seorang musisi yang “tersesat” di dunia politik. Atau kebalikannya ia adalah seorang politikus sekaligus musisi, yang nantinya mampu menyentuh hati rakyat dari nyanyian. Atau terserah kamu mau menilainya sebagai siapa?

Dan ternyata Gita Wirjawan Berhasil meraih beasiswa musik untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi, namun atas kehendak orang tua yang berkeinginan lain, Gita mendapatkan Bachelor Degree in Accounting (BBA) di University of Texas, Austin, Amerika Serikat pada tahun 1988. Lulus sebagai akuntan, Gita meraih lisensi Certified Public Accountant untuk negara bagian Texas.

Untuk memperluas pengetahuannya, Gita melanjutkan pendidikan Master of Business Administration (MBA) di Baylor University, Amerika Serikat, pada tahun 1989 dan Master of Public Administration (MPA) di Kennedy School of Government, Harvard University, Amerika Serikat pada tahun 2000. (sumber: gitawirjawan.com)

Akhirnya setelah pulang ke Indonesia, ia akhirnya bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal dan ia sukses membuktikan kepemimpinannya dengan meningkatnya realisasi investasi dan dianggap sebagai pemasar andal. Dan kemudian menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia. Sikapanya juga sangat kelihatan tegas apalagi menyangkut produksi impor dan tidak mau jika impor kita mengalami ketergantungan.

Tidak heran jika Gita Wirjawan patut dipertimbangkan untuk Indonesia yang jauh lebih baik. Sepak terjang dan latar belakangnya membuat saya berpikir bahwa ada sebuah harapan dalam diri seorang Gita Wirjawan. Dengan salah satu misinya yaitu: Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, memiliki sumberdaya manusia yang unggul, berlandaskan semangat kemandirian dan jati diri “bangga berbangsa”

Semoga ini adalah semangat untuk mengembalikan rakyat Indonesia kepada jati dirinya. Kepada rasa percaya diri bahwa bangsa kita jauh lebih besar dari bagaimana keaadaan kita selama ini. Dan semoga kita tidak kehilangan mimpi-mimpi kita.
    


1 comment:

Featured Post

Kelas Public Speaking: (1) Seni untuk Menyihir Orang Lain - Senemu Cafe

Selamat datang di Senemu Coffee. Suasana sebelum kelas, setiap peserta bersiap untuk menikmati sarapan bersama. Saya d...