Wednesday, January 8, 2014

Anak Perempuan Tidak Akan Bisa Bertahan Tanpa Nasihat Ayahnya

gambar diambil oleh saya. sunset di belakang the natsepa resort. 




Apakah peran yang paling penting dari seorang ayah kepada anak perempuannya: nasihat-nasihatnya. Anak perempuan tidak akan bisa bertahan tanpa nasihat ayahnya. Dan seorang ayah tidak akan bisa bertahan tanpa kasih sayang anak perempuannya.

Ketika berbicara mengenai rumah. Saya adalah orang yang selalu sentimentil. Sekaligus keras kepala. Kontradiktif. Dan hal-hal yang sentimentil adalah selalu menyangkut ayah dengan nasihat-nasihatnya.

Semuanya adalah kalimat-kalimat pembuka. Seperti dasar untuk mengawali tahun ini. Nasihat ayah itu seperti sesuatu yang teduh. Kamu yakin kamu tidak akan kepanasan ketika sedang berada di bawah teduh.

“Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.” Begitulah ayah memulai nasihatnya. Ada satu hal yang terbersit di dalam pikiranku bahwa, tahun ini adalah bukan tahun terkenal.

Tahun ini adalah tahun yang mengandung nama baik dan dikasihi. Karena bukan “keterkenalan” yang akan membawamu kepada kekayaan besar, melainkan “nama baik” atau dengan kata lain, saya menyebutnya “integritas.”

Dan “dikasihi” lebih berharga daripada emas dan perak. “Loving favour” bagaimana rasanya dikasihi? Dikasihi seperti ada yang selalu memelukmu selalu. Ada jaminan selalu dicintai, bahkan ketika kamu merasa bahwa kamu tidak dicintai.


Ayah dengan nasihat-nasihatnya. Selalu menjadi momen berharga bagi saya. Untuk mengawali tahun-tahun saya. Bagaimana denganmu?

2 comments:

Featured Post

Theoresia Rumthe: dalam merayakan keliaran-keliaran

foto oleh lukman hakim Bagaimana puisi tercipta dari dirimu? Seperti apa prosesnya? Apa yang datang lebih dahulu, apa yang datang...