Thursday, September 8, 2016

Sebutkan Satu Tempat Yang Mendatangkan Inspirasi: (2) Toilet






photo by nila pratiwi




Bagaimana sebuah toilet bisa memberimu inspirasi itu misterius. Saya lalu mencari tahu kenapa ketika melakukan aktivitas di ruangan ini sendirian  membuatmu lalu menemukan banyak sekali pemikiran atau ide menarik di kepala? kenapa inspirasi sering muncul di dalam toilet?

Saya hampir selalu menemukan banyak hal menarik di dalam toilet. Bahkan hanya ketika saya sedang diam dan tidak melakukan apa-apa. Toilet saya sebut sebagai sebuah jeda. Jika hari yang dilalui begitu penat. Toilet dapat menjadi tempat yang baik untuk sembunyi. Sekedar menjadi tenang. Kemudian bersiap untuk menerima hal yang baru. 

Makna toilet akhir-akhir ini di dalam kepala saya berubah. Ada sebuah kesenangan untuk pergi dan duduk berlama-lama untuk merenung. Sebuah kesempatan untuk berlambat-lambat ketika dunia di luar begitu sibuk. Makna toilet bukan hanya sebagai tempat pembuangan hal-hal yang sudah tidak lagi terpakai di dalam tubuh. Melainkan juga sebuah tempat untuk recharge:  memasukan hal-hal yang baik ke dalam. Menjadi penuh kembali.

Toilet menurut Merriam Webster Dictionary adalah the act of or process of washing and dressing yourself. Bukan hanya membersihkan diri tetapi juga ada proses untuk mendandani diri. Bukan hanya membersihkan pikiran melainkan juga menata pikiran. Ada yang keluar tetapi ada juga yang masuk.

Mungkin inilah yang menjawab pertanyaan saya di atas tadi, kenapa inspirasi sering muncul di dalam toilet? jawabannya pertama ketika membuang sesuatu, sesungguhnya sesuatu yang lain akan datang dan mengisimu kembali dan biasanya itu adalah sesuatu yang lebih segar. Tetapi kuncinya adalah di kata washing, harus berani untuk membersihkan atau membuang hal-hal yang sudah tidak lagi perlu.

Kedua, seringkali kita tidak dapat apa-apa atau fungsi toilet menjadi kurang maksimal, karena kita masih saja terburu-buru ketika keluar dari dalamnya. Hal ini biasanya terjadi lantaran toilet yang kita gunakan adalah toilet umum dan banyak pengguna yang juga mengantri di luar sehingga kita lupa melakukan fungsi lainnya, dressing yourself. Menata kembali hati, pikiran, atau hal-hal menarik yang telah masuk ke dalam kepala kita tadi. Dalam hal ini karena manusia terbatas, saya menyarankan baiknya kita selalu membawa buku catatan kecil ke dalamnya dan mencatat hal-hal menarik apa saja yang telah ditemukan.

Lebih sering melakukannya, lebih sehat untuk jiwa. Lebih rajin membuang, lebih mudah mendapatkan. Jadi sudahkah kamu ke toilet hari ini? 


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Theoresia Rumthe: dalam merayakan keliaran-keliaran

foto oleh lukman hakim Bagaimana puisi tercipta dari dirimu? Seperti apa prosesnya? Apa yang datang lebih dahulu, apa yang datang...