Tuesday, September 20, 2016

Ia Bukan Superhero






foto ini diambil oleh saya. papa dan kakak perempuan saya, J ketika bersama-sama merayakan natal di kei, desember 2015.




Sebuah Catatan Harian :

Ia bukan superhero. 

Tetapi ia maha menolong setiap saat. Berbekal hati yang luas. Ia menyayangi tanpa pamrih. Saya ingat ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, ia berjalan kaki setiap hari ke kantornya. Dengan menenteng tas kulit berbentuk persegi. Di dalamnya jika mengintip saya sering mendapati kertas-kertas dengan tulisan tangan yang khas. Dan buku. Membaca adalah wajib. Saya ingat dibelikan buku gadis penjual korek api dan beberapa buah apel. Ketika itu setahu saya harga buku tidak murah begitupun dengan apel. Lalu di rumah kami (rumah dinas) ia meyimpan (menabung) uang di dalam bungkus video lama. Bungkus video itu diletakkan pada sebuah rak penuh dengan buku-buku. Saya yang bandel ini sering mengambil lembaran lima ribuan untuk jajan bakso atau coklat di warung. Ia tahu bahwa uangnya berkurang tetapi diam saja. Ketika pulang untuk merayakan natal atau mendapat kesempatan berada di rumah beberapa saat, ia masih suka memberi uang. Padahal saya tidak minta. Tapi tidak pernah menolak juga jika diberi. 

Dulu ketika ibu khawatir saya tidak menyelesaikan kuliah dan malah asik menjadi penyiar radio. Ia menyurati saya. Di dalam surat itu banyak sekali nasihat. Saya menemukan lagi suratnya ketika membongkar laci lemari pada sekitar bulan Juli lalu. Dan menangis membaca suratnya. Ingat betapa saya keras kepala. Dan dari semua nasihatnya di dalam surat, bagian ini adalah kesukaan saya: "Papa dan Mama tetap yakin bahwa kalian akan menikmati suatu kehidupan yang lebih baik di masa depan. Karena itu masa depan yang lebih baik itu perlu diperjuangkan dengan sadar dan dengan sungguh-sungguh." 

Ia ayah saya. 


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Sebuah Catatan Tidak Kreatif Tentang Cara-Cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai

Cara-cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai, adalah sebuah buku yang sedang kamu tunggu. Ia lahir sebentar lagi, tepat di 16 A...