Friday, March 15, 2013

Because of Winn-Dixie




“Tapi kadang-kadang hal-hal begitu menyedihkan sehingga terasa lucu.” Ini adalah sebuah kalimat yang dari Gloria Dump kepada Opal. Laki-laki kecil yang berteman dengan seekor anjing.

Anjing itu diberi nama Winn-Dixie. 

Winn-Dixie adalah anjing yang begitu cerdas. Opal menemukannya pada sebuah toserba yang ada di kota itu. Anjing itu seperti sebuah penanda bahwa: sebenarnya di dalam hidup ini manusia itu tidak pernah kesepian.

Bahwa manusia selalu bisa menemukan apa saja yang bisa menemaninya. Opal punya seorang Ayah, dan ia adalah seorang pendeta. Dan pada buku ini diceritakan bahwa Opal dan Ayahnya ditinggalkan oleh Mamanya ketika Opal masih kecil sekali.

Ketika itu Opal pernah bertanya kepada Ayahnya, bahwa bisa sebutkan sepuluh hal yang bisa diingat oleh Ayahnya tentang Mamanya. Dan setelah Ayahnya menjawab, Opal kembali ke kamar untuk menulis sepuluh hal tersebut. Dan menghafalnya.

Dengan niatan bahwa suatu hari nanti, ketika ia bertemu dengan Mamanya, ia bisa mengenalinya.

Tetapi Winn-Dixie hadir dengan sebuah tujuan. Ia membawa Opal untuk bertemu dengan banyak orang. Ia membawa Opal untuk mengenal dan akhirnya menjadi teman yang baik kepada beberapa orang. Ada Gloria Dump, Miss Franny, Amanda, Otis, Dua bocah dari kelarga Dewberry.

Mereka akhirnya membuat sebuah pesta. Tadinya pesta itu rencananya akan diadakan di halaman rumah Gloria Dump tapi ternyata hujan turun begitu derasnya. Dan Winn-Dixie hampir hilang.

Banyak sekali bagian-bagian dari buku ini yang membuat saya sedu sedan perlahan.

Banyak sekali bagian-bagian dari buku ini yang membuat saya sedu sedan perlahan. Karena terkadang saya merasa kesepian seperti Opal. Dan sering juga saya merasa bahwa merindukan seseorang itu seperti kita selalu menekankan lidah kita pada bagian kosong bekas gigi kita yang telah dicabut.

Dan ketika itu saya ingat kembali kata-kata Gloria Dump kepada Opal “Tidak mungkin kau bisa menahan sesuatu yang ingin pergi, kau mengerti? Kau hanya bisa menyayangi apa yag kaumiliki selama kamu memilikinya.”


6 comments:

  1. Semua buku karangan Kate DiCamillo selalu meninggalkan kesan yang mendalam mbak ^^ Kata-kata Gloria Dump kepada Opal itu yang paling selalu saya ingat ^^

    ReplyDelete
  2. “Tidak mungkin kau bisa menahan sesuatu yang ingin pergi, kau mengerti? Kau hanya bisa menyayangi apa yag kaumiliki selama kamu memilikinya.” SO TRUE! :D

    ReplyDelete
  3. sayapernah sekali nonton filmnya di tivi pada suatu natal, pas ditelusuri ternyata ini novel. saya paling suka saat mereka mencoba permen.

    ReplyDelete
  4. wah aku belum baca novel ataupun nonton filmnya :( kemarin nyari bukunya mulai dari gramedia sampai pasar senen nggak ada :(
    bukunya beli dimana Kak Theo? :((

    ReplyDelete

Featured Post

Kelas Public Speaking: (1) Seni untuk Menyihir Orang Lain - Senemu Cafe

Selamat datang di Senemu Coffee. Suasana sebelum kelas, setiap peserta bersiap untuk menikmati sarapan bersama. Saya d...