Friday, December 6, 2013

(Part 1) Passion




Akhir-akhir ini saya banyak dipertemukan dengan orang-orang yang bisa dibilang, mereka sangat “nyaman” dengan hidup mereka, hingga mereka tidak tahu apa yang mereka hendak kerjakan di dalam hidup. Mereka kebingungan. Bahkan di usia tertentu, mereka masih merasa tidak ajeg dengan hidup yang sedang mereka jalani.

Garis bawahi kata “tidak ajeg” menurut pengertian saya dua kata ini memiliki arti lain yaitu: (1) tidak yakin dengan hidup yang saat ini sedang dijalani, atau (2) tidak tahu mengerjakan apa untuk hidup mereka.

Orang-orang yang saya temui itu cukup berada. Mereka tidak pernah kekurangan. Kebutuhan mereka hamper bisa dibilang selalu terpenuhi. Hanya saja mereka kebingungan. Mereka tidak punya passion. Mereka bahkan masih bertanya-tanya apa yang menjadi passion mereka.

Passion. Bersyukurlah kamu, jika kamu sudah menemukannya. Menurut Wikipedia, passion adalah passion is a term applied to a very strong feeling about a person or thing. passion is an intense emotion compelling, enthusiasm, or desire for anything.

Maka terjemahan bebas saya passion adalah ketika kita menemukan sebuah perasaan yang kuat terhadap sesuatu yang menurut kita sangat menarik, membuat kita selalu merasa antusias dan bergairah.

Ada tiga kata keren yang saya temukan di dalam passion yaitu (1) perasaan yang kuat (2) antusias dan (3) bergairah.

Tiga hal ini yang menurut saya akan menyertai apa yang kita yakini sebagai sebuah passion. Kebalikannya jika kita tidak memiliki tiga hal ini, maka itu bukanlah passion kita.

Sekarang, jika kamu belum menemukan apa yang menjadi passion kamu, coba renungkan hal ini, kira-kira ketika sedang mengerjakan apa yang membuat kamu selalu punya perasaan yang kuat ketika melakukannya, antusiasme yang tinggi, dan selalu bergairah.

Silakan tulis jawabannya di halaman comment ya.


9 comments:

  1. Desain, visual art, dan literatures yang membuat saya punya perasaan kuat, antusias, dan bergairah ketika melakuannya

    ReplyDelete
  2. Traveling ke alam liar, law analytical krn di situ ada mikir dan nulisnya, dan yg pasti nulis dan nulis ttg apa aja

    ReplyDelete
  3. Bahasa jepang and all about Japan.
    Saat bekerja menterjemahkan dan bertemu orang-orang baru, selalu membuat saya antusias, bergairah dan punya perasaan kuat, karena pekerjaan ini adalah impian saya dari kecil.

    ReplyDelete
  4. Nulis cerita melalui apapun bikin naskah drama, nulis cerpen di blog, skenario film pendek, dan main musik.

    ReplyDelete
  5. Saya sepertinya sudah menemukan passion saya. Dan saya ingin membuatnya menjadi pekerjaan saya. Oh, itu terasa seperti surga dunia.
    Menulis dan komedi dan card flourish dan travelling.

    ReplyDelete
  6. motivasi banget....im looking for my passion via blogger

    ReplyDelete
  7. passionku saat ini adalah dunia laktasi dan memasak :)

    ReplyDelete

Featured Post

Theoresia Rumthe: dalam merayakan keliaran-keliaran

foto oleh lukman hakim Bagaimana puisi tercipta dari dirimu? Seperti apa prosesnya? Apa yang datang lebih dahulu, apa yang datang...