Wednesday, July 3, 2013

Hiduplah Untuk Saling Tolong Menolong




Tidak ada yang lebih indah ketika kita bisa melakukan ini kepada orang lain. Pernahkah kamu menemukan bahwa di dalam hidup ini, kamu sengaja dipertemukan dengan orang-orang. Mereka seperti datang dalam hidupmu: dan mereka mau didengarkan, mereka mau berdiskusi denganmu, mereka mau didoakan olehmu, mereka meminta nasihatmu. Dan hal itu karena mereka percaya kepadamu.

Oke, saya percaya bahwa lebih daripada orang sekedar percaya kepada kita. Ketika kita memang seperti “dipakai” untuk hal-hal seperti itu. Satu hal yang perlu disadari adalah: bisa jadi kita memang di-design untuk melakukan hal tersebut. Ada tujuan kenapa kita ada di muka bumi. Ada hal yang paling mendasar yang memang harus kita lakukan, bukan untuk diri kita tetapi untuk orang lain.

Dalam minggu-minggu ini, saya dipertemukan dengan orang-orang itu. Mereka seperti didatangkan dalam kehidupan saya. Saya harus bertemu dengan mereka. Saya harus meluangkan waktu saya untuk mereka. Saya seperti ada untuk “menolong” mereka.

Tolong garis bawahi kata “menolong” di sini. Kata itu tidak merujuk kepada saya menjadi seorang pahlawan yang akan melakukan tindakan heroik. Tetapi bagaimana saya tetap menjadi diri saya sendiri, tanpa perlu memakai topeng apapun, dan menolong orang lain secara natural.

Jika hari ini, kamu membaca tulisan ini dan kamu merasa bahwa kamu juga mengalai hal yang sama. Berarti itu bukan suatu kebetulan. Saya dan kamu sedang menjalani sebuah design. Saya dan kamu sedang menjalani sebuah tujuan. Saya dan kamu sedang ada di dalam sebuah pergerakan.

Jika sampai saat ini, kamu masih bertanya-tanya, untuk apa saya ada? saya menyarankan kamu berdoa dan minta supaya kamu dipertemukan dengan orang-orang, baik yang kamu kenal maupun yang kamu tidak kenal, supaya kamu bisa menolong mereka.

Dengan blog dan tulisan saya, saya mau menolong banyak orang di luar sana. Maka lahirlah sebuah project yang saat ini sedang saya kerjakan yaitu: #Haloperempuansore! (pada tulisan sebelum ini saya sudah menjelaskan) bahwa project ini adalah sebuah surat. Saya kepingin dengar cerita dari banyak orang di luar sana. Saya kenal maupun saya tidak kenal. Dan saya akan coba menjawab surat-surat mereka satu persatu.

Tidak untuk tujuan lain. Saya akan mencoba menjadi pendengar yang baik. Saya akan mencoba menolong mereka.


Ah, semoga ini tidak berlebihan. Dan semoga ini bisa menginspirasi kamu untuk menolong orang lain dengan talenta kecil yang kamu punya.

4 comments:

Featured Post

Kelas Public Speaking: (1) Seni untuk Menyihir Orang Lain - Senemu Cafe

Selamat datang di Senemu Coffee. Suasana sebelum kelas, setiap peserta bersiap untuk menikmati sarapan bersama. Saya d...