Thursday, May 19, 2016

Kelas Kopi yang Menyenangkan di 5758 Coffeelab












Hari itu saya bangun pagi, mandi, memakai celana pendek dan sepatu keds kesukaan. Dan sedikit terburu-buru, saya mendapat undangan untuk menghadiri sebuah kelas kopi di 5758 Coffeelab. 

Oke, pertama-tama saya memang penyuka kopi. Tapi saya tidak pernah tahu tentang hal-hal yang lebih dalam tentang kopi. Yang saya tahu selama ini, jika banyak pekerjaan yang harus saya lakukan maka saya akan ditemani dengan kopi hitam. Itupun biasanya diseduh sederhana saja. Dan jika sedang kepengin centil saya tambahkan sedikit gula. 

Hal kedua jika hari itu saya tahu bahwa tidak banyak pekerjaan dan yang akan saya lakukan adalah duduk, melamun, dan membaca dan menulis-nulis di dekat jendela sebuah coffee shop maka yang saya pesan adalah secangkir cappuccino. 

Tetapi, hari itu ketika saya tiba di 5758 Coffeelab, yang terletak di kompleks pondok hijau indah di daerah Gegerkalong Bandung, saya melihat sebuah bangunan yang terletak di antara ruko. Pertama kali melangkahkan kaki ke dalam, ada sebuah ruangan yang cukup luas dengan interior yang beruansa coklat. Sofa dan meja-meja mungil berwarna senada. Membuat ruangan 5758 Coffeelab terasa hangat. 



Kelas lalu dimulai, Mas Adi Taroepratjeka, yang hari itu mengajar, sangat komunikatif. Ia memulai dengan memperkenalkan bagaimana cara menyeduh kopi dengan beberapa teknik manual yaitu: frenchpress, kalita wave, chemex, dan V 60. 

Dari empat teknik seduhan manual ini, saya dapat merasakan rasa kopi hitam yang berbeda-beda. Padahal jenis kopi, liter air yang digunakan, rasio, dan temperatur yang digunakan sama. Dan dari empat teknik seduh yang berbeda-beda ini, kesukaan saya adalah dengan teknik Chemex. Karena kopi yang dihasilkan dari teknik ini warnanya lebih pekat dan rasa kopinya tidak terlalu pahit. 

Selain itu Mas Adi lalu juga memperkenalkan kepada kami apa itu Espresso, Americano, Long Black, Dan Cappuccino. Berbekal pengalaman mengenal kopi dan cara menjelaskan yang sangat menarik. Saya pikir Mas Adi lebih cocok disebut sebagai pendongeng kopi ketimbang peminum kopi. 

Kelas kopi hari itu berjalan dengan sangat menyenangkan. Semua orang bersenang-senang dan mengobrol dengan meriah. Ada keasyikan tersendiri ternyata, ketika punya pengetahuan tentang kopi. Dan megikuti kelas kopi di 5758 Coffeelab sangat saya rekomendasikan. Tidak hanya itu jika kamu mau datang dan hanya ingin menikmati kopi dengan sahabat-sahabat, tempat ini juga bisa menjadi pilihan. 

suasana di kelas kopi

Tidak hanya mengenal tentang hal-hal baru tentang seduhan kopi. Tetapi lidah saya pun belajar mengenali rasa yang berbeda dari jenis kopi yang sama dan itu ajaib. Seperti kata Mas Adi, di ujung hari setiap orang yang melelahkan mereka hanya butuh bengong dan minum kopi yang enak. Jangan lupa follow instagramnya di @5758coffeelab dan nikmati kebengongan yang menyenangkan di sana. 


*picture taken by desiyanti. 


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Sebuah Catatan Tidak Kreatif Tentang Cara-Cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai

Cara-cara Tidak Kreatif Untuk Mencintai, adalah sebuah buku yang sedang kamu tunggu. Ia lahir sebentar lagi, tepat di 16 A...